Home » » Cara Mudah Membuat Instalasi Hidroponik NFT Lengkap

Cara Mudah Membuat Instalasi Hidroponik NFT Lengkap

Written By jannovar on Sunday 10 January 2016 | 07:26


Nutrient Film Tecnique (NFT) merupakan teknik budidaya hidroponik yang prinsip kerjanya mengalirkan air pupuk (kira-kira 3 mm) ke talang air secara terus menerus. Air mengalir secara gravitasi dai bagian tinggi ke rendah. Oleh karena itulah ketinggian talang air diukur demgam kemiringan 2-3 %. Nutrisi ini nantinya diserap oleh akar yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan sayuran. Untuk mengalirkan nutrisi menggunakan pompa air maka nutrisi yang digunakan dimasukkan ke dalam bak penampung dengan dibit air 1 liter/menit.

Dengan teknik ini tanaman mendapat pasokan nutrisi yang sama sehingga tanaman dapat tumbuh seragam. Pemberian nutrisi juga harus disesuaikan dengan umur dan jenis sayuran. Sayangnya teknik NFT ini sangat bergantung pada listrik. Dan juga bila terserang penyakit maka mudah menyebar keseluruh tanaman.

Cara Membuat Instalasi NFT

 

Instalasi hidroponik ini berupa 5 buah talang air sebagai Gully (Tempat menanam). Kelebihannya yaitu fleksibel karna proses pembibitan, pembesaran remaja, dan pembesaran dewasa dapat dilakukan di satu tempat ukurannya yang tidak terlalu panjang dan ringan sehingga mudah dipindahkan ke tempat lain. Hanya saja bahan-bahannya perlu dibongkar terlebih dahulu, setelah dipasang kembali dengan mudah.

Bahan yang Diperlukan :

  1. Talang Air
  2. Penutup talang atau styrofoam
  3. Kran pembuka dan penutup 0,5 inci.
  4. Pipa PVC 0,5 inci ; 1 inci ; dan 2 inci.
  5. Selang plastik 3-5 mm.
  6. KneeT 0.5 inci; 1 inci; dan 2 inci.
  7. Pompa air aquarium.
  8. Boks kontainer (Bak penampung)
  9. Solartuff atau atap plastik.
  10. Dop 0.5 inci, 1 inci, 2 inci
  11. Tutup Talang


Cara Membuat Gully (Tempat Tanam)

  1. Siapkan talang air, potong sepanjang 2 meter sebanyak 5 buah, serta penutup talang.
  2.  Satu sisi ditutup penutup talang (inlet).
  3. Penutup talang kemudian dilubangi terlebih dahulu sebanyak 2 buah untuk pemasangan selang plastik.
  4. Selang plastik ini dilubangi terlebih dahulu sebanyak 2 buah untuk mengalirkan nutrisi ke talang air. Sisi lain tidak tertutup, bagian ini untuk mengalirkan air pupuk menuju bak penampungan.


Cara Membuat Penutup Talang Air
Pembuatan penutup ini bisa terbuat dari talang air itu sendiri yang dipotong bagian sisinya atau menggunakan styrofoam. Namun kali ini kita akan membuatnya menggunakan talang air. Sebelum memulai pembuatan maka langkah pertama yang dilakukan yaitu membelah talang air sepanjang 200 cm. kemudan Buat lubang tanam kira-kira 5 cm. Dibawah ini merupakan tahap pembuatan talang air sebagai tempat tumbuh tanaman.
  1. Tiga buah talang dibuat lubang dengan jarak tanam 20 cm sehingga total lubang tanam 30 buah (per talang 10 lubang tanam). Talang ini digunakan untuk fase membesarkan sayuran dewasa.
  2. Sebuah Talang dibuat lubang tanam dengan jarak tanam 10 cm sehingga berjumlah 20 buah lubang tanam. Talang ini berguna untuk fase membesarkan sayuran remaja.
  3. sebuah talang lagi dibuat lubang tanam 10 buah dengan jarak tanam 10 cm untuk sayuran remaja, sedangkan bagian lain dibiarkan terbuka untuk pembibitan (media tanam memakai rockwoll).
  4. Total lubang tanam sebanyak 60 buah, lubang tanam produksi 30 buah dan 30 lubang tanam remaja, 1 rockwoll semai dengan 30 lubang tanam (ukuran rokwol panjang 25 cm dan lebar 75 cm)

Cara Membuat Kaki Meja Rak

  1. Siapkan pipa PVC 1 inci.
  2. Potong sepanjang 70 cm sebanyak 2 buah dan 65 cm sebanyak 2 buah untuk kaki meja.
  3. Potong pipa sepanjang 190 cm dan 80 cm, masing-masing 2 buah. Rangkai semua potongan pipa menjuadi rak dengan dibantu knee T dan L. Rangkailah untul penyangga talang.
  4.  Potong pipa sepanjang 100 cm dan 80 cm masing-masing 2 buah. Rangkai semua potongan pipa menjadi penyangga dasar dengan Knee T dan L.


Cara Membuat Atap Instalasi

  1. Siapkan potongan pipa PVC 1 inci.
  2. Potong sepanjang 80 cm sebanyak 4 buah (untuk tiang).
  3. potong solartuff sesuai dengan ukuran.
  4. Pasang semua pipa dan solartuff hingga melengkung setengah lingkaran membentuk atap.


Cara Merangkai


  1. Susun talang air berjejer di meja. Jarak antar talang 5 cm.
  2. pasang selang plastik di penutup talang (inlent).
  3. pasang pipa PVC 1 inci di bagian outlet, ikat kuat pipa ini dengan tali plastik.
  4. letakan boks kontainer (bak penampung) dibagian bawah meja rak.
  5. Buat lubang (kira-kira 5 cm). Pasang PVC 2 inci untuk menyalurkan air balikkan ke penampung.
  6. Buat lubang kira-kira 2 cm. Pasang selang plastik untuk mendistribusikan nutrisi dari bak penampung ke talang. Pasang kran yang berfungsi membuka dan menutup nutrisi.
  7. Masukkan pompa air yang sudah dirangkai dengan selang plastik. Pompa ini bertugas mengalirkan air pupuk ke bak penampung ke talang air melalui selang plastik.
  8. Perhatikan, pemasangan knee T dan L di setiap sambungan harus kuat agar isntalasi kuat dan kokoh.
  9. Cek terlebih dahulu, baru instalasi siap dioperasikan.

Penanaman

  1. Masukkan nutrisi ke dalam bak penampung.
  2. Nyalakan pompa air.
  3. Masukkan bibit sayuran ke dalam lubang tanam. Media tanam memakai Rockwoll dengan ukuran 2.5 cm- 2.5 cm berbentuk kubus dengan Tinggi 3.5 – 4 cm.
  4. Masukkan bibit satu persatu sampai lubang tanman penuh.

Pemeliharaan

Faktor penting yang tidak bisa diabaikan budidaya secara hidroponik NFT adalah kadar nutrisi yang terlarut dalam air. Baiknya memiliki EC meter untuk mengetahui EC (Electro Conductivity) nutrisi dan pH meter (dianjurkan EC 1.2 dan pH 5.8)

Begitu bibit sayuran dipindahkan ke instalasi hidroponik NFT, pompa harus dinyalakan. Pompa ini yang menyalurkan nutrisi meleqwati talng air, membasahi media tanam.
bibit alpukat Miki tersedia ditempat kami, alpukat unggulan Indonesia!!!
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Catatan bertaniku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger