Home » , , , , , , » Jenis Alpukat Paling Populer dan Enak yang mungkin belum kamu tahu

Jenis Alpukat Paling Populer dan Enak yang mungkin belum kamu tahu

Written By jannovar on Monday 8 July 2019 | 09:28


Apakah kamu senang mengkonsumsi buah alpukat entah alpukat local/import? Buah yg lalu-lalu lebih sering diolah untuk jus / dilembutkan diencerkan pake gula, kini malah banyak dikreasikan pake beragam ide olahan makanan, khususnya untuk menu-menu sehat yang dipakai oleh para pelaku live style sehat.
Selain dijadikan pelengkap santapan makanan, banyak juga yg senang memakan secara langsung buah alpukat ini. Buat yg senang memakan langsung buah alpukat (biasanya penghobi alpukat), kita tebak pasti bisa merasakan perbedaan dari aneka jenis alpukat. Ada yg gurih lembut, gurih pake tekstur padat, ada yg berserat, ada juga yg memiliki sedikit rasa manis.

Agar tak salah dalam memilih berbagai alpukat yang ada & rasanya sesuai pake selera kamu, kenali dong berbagai macam-macam alpukat yg populer di pasaran, berikut kami sadur rangkuman/ringkasan dari beberapa sumber:
1. Alpukat Wina
Alpukat wina yg dikembangkan & dipopulerkan oleh petani di Semarang ini kini menjadi begitu populer. Kulitnya tebal & berwarna hijau mengkilap.
Alpukat wina banyak diburu & dicari karena buahnya yg berukuran besar, berdaging tebal & rasanya yg gurih. Satu buahnya saja beratnya bisa mencapai 2 kilogram, lho. Buat pecinta alpukat, tentu & pasti bakal puas makan jenis alpukat ini karena gede & cukup mengenyangkan.

2. Alpukat Mentega
Alpukat mentega sudah tenar menjadi salah satu jenis alpukat yg menjadi unggulan. Mengapa alpukat mentega unggul? Hal ini dikarenakan jenis alpukat mentega memiliki buah dengan daging cukup tebal pake tekstur kenyal, & aroma khas alpukat yg lebih tajam.
Ciri yg paling terlihat pada alpukat mentega yg baik adalah dari permukaan kulit luar yg halus mulus. Alpukat mentega Apabila sudah matang, terlihat kulitnya akan berwarna hijau kecoklatan & terasa lunak saat ditekan.
Warna buahnya terlihat kuning bersih seperti mentega, menjadikan alpukat mentega sangat menarik ketika dilihat. Alpukat mentega tidak memiliki serat (berambut), sehingga mudah untuk diolah / dimakan langsung.


3. Alpukat Kendil
Alpukat kendil memiliki ciri hampir mirip seperti kendil, itulah mengapa alpukat ini dinamakan alpukat kendhil, sebenarnya ada nama lain dari alpukat ini yaitu alpukat markus & alpukat hawai yang keduanya sebenarnya sama, ciri fisik alpukat kendhil menggelembung di olehan bawah buah & berukuran cukup besar. Ukuran buah ini pada pohon yang sudah skala produksi mampu mencapai 700 hingga 1 kilogram per buahnya, mengerikan bobotnya.haha. Yg menjadikan alpukat kendil begitu populer adalah teksturnya yg lembut, sehingga memanjakan lidahmu, alpukat ini cocok untuk dibudidaya juga secara komersial karena tergolong genjah pada dataran tinggi ataupun dataran rendah.
Ciri-ciri yg dapat dikenal dari buah alpukat kendil yaitu dagingnya yg tebal & pulen, meski tentu tak setebal alpukat wina.


4. Alpukat Pluwang
Kulit buah alpukat pluang berwarna hijau gelap & mengkilap dengan bentuk memanjang & besar. Bentuk buahnya menyerupai kendil yg memanjang, jadi seperti versi alpukat kendhil yang punya perawakan tinggi. Tekstur daging buahnya lebih lembut, gurih, & pulen. Buahnya tidak mudah berulat & membusuk. Selain itu ukuran buahnya super jumbo, seperti alpukat wina, buahnya bisa mencapai 2kg, lho.
Baik alpukat wina & pluwang memang sama-sama berdaging tebal. Nah, yg membedakan, jika alpukat wina memiliki rasa yg gurih, alpukat pluwang memiliki rasa gurih pake sedikit sensasi rasa manis.
alpukat pluwang


5. Alpukat Miki
Meski terlihat sama pake alpukat yg umumnya memiliki berat sekitar 300-400gram, alpukat miki memiliki kulit yg keras sehingga susah ditembus oleh hama pengganggu. Kulit alpukat miki yg sudah matang berwarna hijau tua mengkilap.
Nah, meski berukuran kecil, alpukat miki tak kalah saing pake jenis alpukat unggulan lainnya. Daging buahnya tebal, berwarna putih kekuningan, & bertesktur lembut. Kualitas buah yg prima & panen yg melimpah mulai usia muda menyebabkan buah ini menjadi populer karena cukup mudah ditemukan di pasaran. Selain itu juga mudah dibudidayakan di rumah juga, lho.

Itulah 5 jenis alpukat paling populer di Indonesia. Alpukat mana yg jadi favorit kamu?
===
JIKA ANDA BERMINAT UNTUK MENANAM BIBITNYA SILAHKAN KONTAK KAMI DI WHATSAPP  berikut : https://wa.me/6281326866478
===


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Catatan bertaniku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger